Senin, 13 September 2010

MENGATASI KONEKSI STARONE YANG SERING TERPUTUS

Starone produk CDMA dari indosat yang sebelumnya menawarkan akses internet unlimited dengan biaya sekitar Rp.125.000 perbulan sejak januari 2010 meluncurkan promo tarif unlimited dengan tiga macam paket yaitu :


* Paket harian dengan biaya Rp.2.500 per hari,

* Paket mingguan dengan tarif Rp.15.000 per minggu,

* Paket bulanan dengan tarif Rp.45.000 perbulan


Untuk berlangganan dengan internet dengan 3 pilihan paket dari Starone tersebut hanya dilakukan melalui restrasi sms dengan format :

* INTERNET HRN kirim ke : 7825 untuk paket harian,

* INTERNET MGN kirim ke : 7825 untuk paket mingguan, dan

* INTERNET BLN kirim ke : 7825 untuk paket bulanan.


Untuk pasword dan username sendiri tetap menggunakan pasword dan username standar dai starone yaitu :

Username : starone
Pasword : indosat
Dial Number : #777

Setelah mendapatkan SMS balasan dari 7825 kalau paket internet unlimited anda telah diaktifkan maka sekarang anda dapat berinternetan sepuasnya.
Namun semenjak kemunculan promo dari Indosat sejak januari 2010 sangat banyak keluhan dari pelanggan starone mengenai koneksi internet yang sering terputus bahkan seperti yang saya alami koneksi terputus setiap kali quota mencapai 1 MB. Dengan kejadian ini hari setiap hari saya menelpon ke CS starone untuk menanyakan permasalahan yang saya hadapi. Namun jawabannya adalah "Silahkan tunggu 3x24 jam, Silahkan cek pengaturan modem anda, Silahkan bawa ke galery Indosat terdekat dll" hanya jawaban seperti itu yang saya peroleh berulang-ulang tanpa adanya jawaban dari permasalahan yang saya hadapi.
Sempat ada niat dari saya untuk membawa perangkat saya ke galery indosat tapi sebelumnya saya mencoba browsing untuk mencari info siapa tau bisa membantu. Ternyata saya menemukan artikel dari seorang blogger yang menuliskan permasalahan sama persis dengan yang saya alami. Bahkan beloiau sudah membawa permasalahnnya ke galery Indosat sesuai anjuran CS namun setelah disarankan ganti chip permasalahan tersebut masih terjadi. Oleh karena itu saya urungkan niat untuk mengadukan permasalah ini ke galery indosat.

Saya melihat artikel tersebut diterbitkan Januari 2010 yang artinya permasalahan ini telah ada sejak januari dan belum ada perubahan sampai sekarang. Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti langganan internet ke provider lain. Tapi permasalahannya adalah saya terlanjur melakukan registrasi paket bulanan dengan kartu starone saya. Saya juga tidak berminat lagi untuk menelpon ke CS karena jawabannya tidak memberi solusi yang diharapkan.

Dari pada rugi saya masih berusaha mencari info dengan cara browsing dan dari sini saya membaca informas bahwa pelanggan yang akan menggunakan starone untuk akses internet terlebih dahulu harus mengaktifkan layanan internet dengan cara mengetik,

REG VOL kirim ke 799 untuk paket reguler berdasarkan volume, atau
REG TIME kirim ke 799 untuk paket reguler berdasarkan waktu.

Skema tarif di atas dapat kita ganti sesuai keinginan, Untuk chip starone yang saya gunakan termasuk chip lama yang langsung saya gunakan untuk akses internet tanpa melakukan REGISTRASI terlebih dahulu. Dan saya pikir tidak ada masalah karena tetap bisa terkoneksi. Namun saya iseng-iseng mencoba untuk merubah skema tarif ke skema waktu dengan mengtikkan,

REG TIME kirim ke 799

Setelah itu saya mencoba untuk mengkoneksikan kembali dan ternyata hasilnya selama 5 jam tidak pernah terputus sampai saya mematikan komputer. Awalnya saya berfikir ini hanya kebetulan atau memang telah ada perbaikan system dari starone. Setelah saya mencoba konek untuk kedua kalinya ternyata tidak pernah terputus lagi kecuali saya sendiri yang sengaja untuk disconnet.
Karena penasaran, saya mencoba merubah skema tarif ke volume dengan mengetikkan,

REG VOL kirim ke 799

Setelah itu saya mencoba koneksikan kembali dan hasilnya kembali terputus setiap kali quota mencapai 1 MB.

Ternyata permasalahan disconnect yang saya alami selama ini terletak pada perubahan skema tarif. Dimana chip yang pertama kali di aktifkan secara otomatis skema tarifnya ada pada skema Volume. Kalau dipikir wajar kalau skema tersebut berpengaruh karena pada skema volume speed internet tidak dibatasi, sedangkan pada skema time speed internet akan dibatasi.
Apabila kita berlangganan dengan paket unlimited speed internet akan dibatasi juga. Kalau skema tarif kita berada pada skema volume dan berlangganan paket unlimited maka system dari starone akan kebingungan membaca yang akibatnya sering terputus.
Ini hanya analisa saya pribadi. Mudah-mudahan bisa membantu bagi anda yang mengalami permasalahan seperti saya.
Jangan lupa komentnya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar